Angkat dagumu Sebab masa depan bukan dibelakangmu Kepalkan tanganmu Sebab kau haram menyerah....

Rintangan Dakwah



Allah menjadikan manusia dari tanah, lalu meniupkan roh-Nya. Di dalam diri manusia ada daya tarik yang menariknya ke bumi supaya dia kekal di dalamnya, sedangkan dari pihak lain ada sifat rabbaniyah (ketuhanan) yang menarik dan mengangkatnya ke atas. Itulah dia medan jihad,lapangan perjuangan dan mujahadah (bersungguh-sungguh). Disitulah kita melatih diri,menerima ujian antara condong ke dunia dengan keakhirat dan mencapai rahmat Allah.

Allah berfirman:


Siapa saja yang menghendaki keuntungan akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya satu bagian pun di akhirat. (Q.S.As-Syuura:20)


Siapa yang berusaha mengurangi tekanan dan kecenderungan duniawi dan mengangkat dirinya naik keatas,berarti dia berjalan diatas jalan dakwah dan telah melintasi berbagai bukit rintangan dengan pertolonganAllah dan taufik-Nya.Siapayang memandang enteng godaan dan tarikan duniawi,tidak berjihad melawan nafsunya,lambat laun nafsunya akan mengalahkannya dan menguasainya, tertawan dan tergoda dengan dunia sehingga dia berhadapan dengan murka dan siksaan-Nya.


1. Jabatan dan Alat Mencari Rezeki

Seorang mahasiswa atau pelajar Islam yang berkecimpung di bidang dakwah sebenarnya masih ringan,karena belum dibabani tanggungan keluarga, belum diharuskan mencari rezek dan mudah melangkah di jalan dakwah tanpa ada ikatan dan tekanan/gangguan. Tetapi apanila ia telah lulus dari sekolah/PT dan terikat dengan pekerjaan atau menjaba t suatu jabatan, mulailah dia merasakan adanya ikatan dan kewajiban-kewajiban tertentu pada jabatannya yg harus dijaga. Kemungkinan perasaan seperti itu mendorong untuk membatasi kegiatan dakwahnya dan mengurangi jihadnya,memperlambat kegiatan dan langkahnya di jalan dakwah.


Dan adakalanya bahkan langsung berhenti ditengah jalan dan tidak mau meneruskan perjalanannya di bidang dakwah. Jika dia tidak mempunyai iman yag teguh,aqidah yang mantap dan tekad yang kokoh,pastilah dia tidak akan mampu melintasi rintangan danhalangan itu. Kekuatan imanlah yang akan menundukkan dia meneruskan perjalanan dakwah Islamnya dengan penuh keyakinanbahwa Allahyang menjamin rezeki dan menanggungnya.Pekerjaan dan jabatan hanyalah sebagai satu alat untuk dipergunakan dalam mencapai dan merealisasikan cita-cita di dunia ini untuk mencari keridhaan Allah. Oleh karena itu sebuah alat(wasilah) tidak boleh diubah menjadi rintangan yang menghalangi untuk mencapai tujuan.


Sumber: Fiqh Dakwah Jilid 1, Syaikh Mushthafa Masyur

Jalinan Ukhuwah

Nada Keinsyafan

Template by:
Free Blog Templates